Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bantu Warga Bangun Sumur Bor Untuk Penuhi Kebutuhan Waga Selayar

Bukan karena tak memiliki sumber air, warga Desa Kalaotoa, Kabupaten Selayar kekurangan air bersih, minimnya sumber mata air membuat mereka harus antri dan menimba air di sumur.

SELAYAR, BERANDANEWS.NET – Walau perkampungan warga dikelilingi dengan air yang melimpah, Desa Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, masih kesulitan air bersih dan layak, kurangnya sumur yang merupakan sumber air bersih satu-satunya menjadi kendala warga yang tinggal di perkampungan ini.

Tidak hanya masalah tersebut, tak sampainya akses dan aliran listrik ke parkampungan Kalaotoa, membuat seluruh aktivitas masyarakat dalam serba keterbatasan termasuk permasalahan air bersih hingga lampu yang padam di saat malam hari.

Baca Juga : PT. Garton Mandiri Indonesia Target Penjualan Readymix Naik 40 Persen Tahun 2022

Kampung yang dihuni oleh 135 KK dengan 452 jiwa ini, sangat membutuhkan mesin genset dengan daya tarik listriknya yang lebih kuat. Tidak hanya itu, kurangnya sumur di kampung ini kadang harus membuat warga mengantri untuk menimba air di sumur hingga membeli air bersih untuk kebutuhan konsumsi di luar perkampungan.

“Kami sangat ingin seperti kampung-kampung lainnya, meski kami hidup di pelosok atau pulau setidaknya kami juga mendapatkan perhatian, kami ingin sekali memiliki listrik sendiri yang bisa bertahan hingga 24 jam, nantinya kami tak menimba air lagi, tapi airnya bisa mengalir langsung ke rumah kami”, curhat warga kampung Desa Kalaotoa.

Berbagai cara telah dilakukan, salah satunya ialah pemanfaatan tenaga listrik dari tata surya. Namun sayang, jika musim hujan datang tenaga tata surya tersebut tidak cukup bertahan lama hingga membuat lampu harus padam.

Baca Juga : Dorong Inovasi Layanan Publik, Wapres Apresiasi Inovasi GESIT-19 oleh Pemprov Sulsel

Percobaan kembali dilakukan, warga harus berpatungan untuk membeli alat lainnya yaitu mesin genset. Hingga hari ini alat tersebut masih digunakan meski hanya berfungsi dengan batasan waktu kurang lebih 5 jam saja dalam sehari.

Aksi Cepat Tanggap juga, turut mengajak sahabat dermawan dengan sedekah terbaikmu turut hadirkan sumur wakaf dan aliran listrik bagi masyarakat Kalaotoa Kabupaten Selayar Yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan terbaik kita. Bantuan dapat melalui tautan berikut https://indonesiadermawan.id/SumurDesaKalaotoa. Atau melalui rekening BSI # 716 417 0645 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button