Tingkatkan Kemandirian Siswa, SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Gelar Perjusa

MAKASSAR,BERANDANEWS.NET, — SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga menggelar Perkemahan Jum’at – Sabtu (PERJUSA) di lingkungan sekolah dari tanggal 25 s/d 26 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh Pramuka Penggalang yaitu siswa kelas IV SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga dari 81 jumlah siswa, 71 peserta terdata pada daftar registrasi.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar siswa, melatih kemandirian, kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab, dan kerjasama para siswa guna menghadapi kehidupan di masa depan.

 

Pembukaan PERJUSA dilaksanakan dengan menggelar Upacara Pembukaan, turut hadir Wakil Direktur Sekolah Sekolah Islam Athirah, Ketua BMJ dan jajarannya, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru-guru dan beberapa orang tua siswa yang mengantar peserta perkemahan menyempatkan diri menyaksikan upacara pembukaan.

 

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Mabigus Penggalang SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga, H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Azis mengajak kepada peserta perkemahan untuk memaknai dan mengaplikasikan dasa darma pramuka.

 

“Adik-adik sekalian di sepuluh dasa darma ini harus betul-betul kita hayati dalam perkemahan ini, perkemahan yang pertama kalinya diadakan untuk siswa kelas empat. Disinilah diuji, terutama tadi di dasa darma yang kedelapan, beranikah tidak, disiplinkah,” jelasnya.

 

Usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB). Pada malam harinya peserta menyaksikan Api Unggun sambil bernyanyi, setelah itu masing-masing regu menampilkan yel-yel secara bergiliran. Kegiatan malam itu ditutup dengan nonton bareng (Nobar) film bertemakan kepramukaan.

 

Pada hari kedua yakni Sabtu, diawali dengan melaksanakan salat subuh berjamaah kemudian olahraga bersama. Setelah itu, peserta diberi waktu untuk mandi pagi, merapikan kemah, dan barang-barangnya. Seusai itu, peserta mengikuti out bound yang terdiri dari 5 pos yang berisi games yang melatih kerja sama.

 

Pos pertama, setiap regu harus menaklukkan permainan estafet karung, pos kedua membawa air menggunakan sarung, pos ketiga lempar pimpong. Adapun pos empat yaitu game volly balon dan pos terakhir membawa tongkat menggunakan kaki sambil berangkulan.

 

Terpantau langsung di lokasi, seluruh peserta terlihat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan Perjusa. Salah satu peserta, Faris dari kelas IV Al Haqqu mengungkapkan sangat senang mengikuti kegiatan Perjusa.

 

“Seru sekali, karena bisa itu bermain sama semua teman-teman, bisa tidur sama-sama itu di tenda, bisa itu liat api unggun dengan semua teman-teman dan makan bersama,” ungkapnya .(*/Citizen Reporter: Ilham Mais, S.Pd., M.Pd., Gr.)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button