Sulsel Naik 1 Peringkat Perolehan Medali PON Papua

Plt Gubernur Sulsel: Alhamdulillah!

Sulsel naik 1 peringkat perolehan medali PON XX Papua dari PON XIX Jawa Barat 2016 lalu. Sulawesi Selatan harus puas di posisi 11.

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET — Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua telah berakhir pada Jumat, 15 Oktober 2021. Dalam ajang tersebut, Kontingen Olahraga Sulawesi Selatan berada pada 11 dengan total raihan 37 medali. Rinciannya, 11 medali emas, 13 medali perak, dan 13 medali perunggu.

Posisi Sulsel di PON XX mengalami peningkatan dari PON XIX Jawa Barat 2016 lalu. Di mana Sulsel menutup klasemen dengan meraih posisi di peringkat ke-12.

Dengan prestasi itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh atlet yang berlaga olahraga bergengsi itu.

Menurutnya, posisi Sulawesi Selatan di peringkat ke-11 pada tahun ini setidaknya naik satu peringkat dari sebelumnya di PON Jawa Barat.

“Tentu kami sampaikan terima kasih kita kepada para atlet. Alhamdulillah tim kita di peringkat ke-11 tahun ini. Ini prestasi, karena di PON sebelumnya di Jawa Barat, Sulawesi Selatan peringkat ke-12,” katanya, di Makassar, Sabtu (16/10).

Plt Gubernur pun tetap memberikan apresiasinya atas perjuangan para atlet yang telah berusaha secara maksimal dengan segala keterbatasan. Terlebih lagi, pelaksanaan PON tahun ini berlangsung di masa Pandemi.

Prestasi Membanggakan

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan Andi Arwin Aziz, menyampaikan rasa bangganya atas perolehan medali raihan kontingen Sulsel. Mengingat, Sulawesi Selatan berhasil naik ke peringkat-11 dari PON 2016 lalu.

“Atlet kita sudah berusaha maksimal dengan segala keterbatasan. Di tahun 2021 anggarannya hanya Rp 30 miliar, kita mampu naik satu peringkat,” ucapnya.

Sedangkan, pada 2016 lalu lanjut Arwin, Sulawesi Selatan berada di peringkat ke 12 dengan anggaran jauh lebih besar dari tahun ini, yakni sebesar Rp80 miliar.

Berdasarkan data dari Dispora Sulawesi Selatan, Pada PON XIX di Jawa Barat 2016 lalu, berada di peringkat ke 12 dengan total perolehan 23 medali. Dengan rincian, 7 medali emas, 9 medali perak, dan 7 medali perunggu. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button