Trending

Plt Gubernur Sulsel Dampingi Lukas Enembe Sulutkan Api Obor PON XX

Berlangsung 2-15 Oktober

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Gubernur Lukas Enembe menyulut obor saat pembukaan PON XX Papua.

BERANDANEWS.NET, PAPUA — Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, menghadiri undangan perjamuan makan malam PON XX Papua di Gedung Negara Provinsi Papua, Jumat, 1 Oktober 2021.

Andi Sudirman hadir mengenakan batik berwarna merah bata dengan corak kapal phinisi dan huruf lontara.

Jamuan ini juga sebagai bentuk penyambutan tuan rumah Papua kepada seluruh atlet yang bertanding. “Kita sangat berterima kasih karena tuan rumah menyambut atlet kita dengan sangat baik,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga: Sudirman Sulaiman Undang Gubernur Jateng Hadiri Toraja Highland Festival

Dalam acara ini, juga sekaligus di lakukan penyerahan api PON dari Duta PON Papua, yakni Boaz Salosa, Raema Lisa Rumbewas, Raffi Ahmad, kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Andi Sudirman bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan sejumlah kepala di Papua mendapatkan kehormatan untuk mendampingi Lukas yang juga Ketua Umum PON XX Papua. Lukas Enemba, menyulut api PON sebagai tanda di mulainya PON di Bumi Cendrawasih ini.

Kirab api PON XX 2021 dilepas dari Kabupaten Sorong, Papua Barat, melewati wilayah adat di Papua, tujuan akhirnya ke Jayapura.

Lukas Enembe menyampaikan, tuan rumah mempersiapkan dengan baik segala pelaksanaan termasuk infrastruktur pendukung.

“Papua siap, Papua bagian dari Indonesia. Selamat datang seluruh kontingen dan selamat menikmati keindahan alam Papua,” sebutnya.

PON XX SEMPAT DIUNDUR
Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, menyebutkan, jadwal pelaksanaan PON yang sempat di undur menuai pro dan kontra. Dengan kerja keras dari Papua bertekad untuk menyukseskan acara ini, sehingga dapat di laksanakan.

“Ini berbeda karena di laksanakan di masa sulit pandemi Covid-19. Kita punya pengalaman Olimpiade Tokyo bisa berjalan dengan penerapan protokol dan berjalan dengan baik. Karena ini tekad kita bersama, mari kita jadikan pekan olahraga ini sebagai pemersatu bangsa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia berharap pemerintah pusat menjadikan Papua sebagai pusat pembinaan olahraga prestasi untuk Indonesia Timur. “Bahkan Pelatnas dapat di lakukan di Papua, fasilitasnya luar biasa,” ujarnya. (hm/ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button