Pemprov Sulsel Mulai Benahi Jalan Tun Abdul Razak yang Sudah Rusak Parah

Tahun Ini Penggalian Saluran Pembuangan Air, 2022 Penuntasan Pembangunan Badan Jalan

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET — Ruas di Jalan Tun Abdul Razak di Kabupaten Gowa menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk perbaikan infrastruktur jalan di tahun 2022 mendatang.

Ruas jalan yang menghubungkan akses Jl. Hertasning itu, kini rusak parah. Banyak badan jalan berlubang penyebab genangan air. Sementara volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan itu sangat tinggi.

Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas PUTR Sulsel, Sukarlan, menyampaikan, ruas jalan Tun Abd. Razak yang menjadi lintas Makassar – Gowa ini menjadi perhatian serius Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Bahkan, tahun ini Dinas PUTR Sulsel melakukan penanganan darurat dengan penggalian saluran pembuangan.

“Atas instruksi langsung oleh Plt. Gubernur Sulsel, Bapak Andi Sudirman Sulaiman, mengarahkan agar kita lakukan awal dengan penggalian saluran pembuangan. Sudah mulai kami lakukan penanganan yang bersumber dari dana pemeliharaan rutin. Fokus utama adalah mengalirkan air yang tergenang pada badan Jl. Tun Abd. Razak, yang kita tangani dengan pembuatan saluran untuk mengalirkan air dari lokasi genangan ke sungai terdekat dengan panjang sekitar 400 meter,” tuturnya, Minggu (26/12/2021).

“Untuk tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas PUTR akan menganggarkan untuk penanganan ruas Jalan Tun Abdul Razak. Pengerjaan ini akan menuntaskan jalan yang rusak parah di ruas jalan tersebut,” ungkapnya.

Tak hanya preservasi untuk perbaikan jalan, namun juga untuk sistem saluran air (drainase). Mengingat lokasi jalan ini, sering terjadi genangan.

“Adapun penanganan drainase, untuk saluran kiri-kanan. Dan ntuk penanganan badan jalan berupa pengaspalan dan peninggian jalan,” ungkapnya.

Perbaikan Bertahap

Sementara itu, Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menegaskan, perbaikan infrastruktur jalan akan ia selesaikan secara bertahap. Mengingat kondisi keuangan juga masih berfokus dalam penanganan Covid-19.

“Rintisan saluran Jalan Tun Abdul Razak sementara kita lakukan pengerukan untuk saluran pembuangan. Design, pengerjaan saluran dan fisik jalan akan kita lakukan secara bertahap. Kepada seluruh warga yang melintas untuk bersabar dan kita harapkan dukungan seluruh pihak atas perbaikan jalan ini,” jelasnya. (hm/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button