Trending

Pembebasan Lahan Tuntas, Jalan Tol MNP Mulai Dibangun Akhir Desember

Jalan Tol MNP (Makassar New Port) bakal mulai di bangun akhir Desember tahun ini. Dana pembebasan lahan masyarakat sudah siap di Bank Mandiri. Tinggal tunggu penyerahan kepada masyarakat pemilik lahan.

MAKASSAR, BERANDANEWS.NeT Pembangunan Jalan Tol MNP bakal mulai dengan ground breaking di tanggal 30 Desember 2021. Rencana itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Deputi I Staf Kepresidenan, PT Pelindo, Sekretaris Provinsi Sulsel. Kakanwil BPN ATR Wilayah Sulsel, Polda Sulsel, Pemkot Makassar, dan stakeholder lainnya.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Febry Calvin, mengatakan, sesuai penyampaian PT Pelindo, anggaran untuk pembayaran ganti rugi lahan akses jalan tol MNP sudah siap. Sehingga, pihaknya menargetkan ground bisa bisa terlaksana antara 28-30 Desember 2021.

“Kami menyerahkan kepada pihak Pelindo untuk melakukan presentase,” ungkap Febry Calvin dalam arahannya, di Kantor MNP, Jumat, 26 November 2021.

Baca Juga: Direksi JTSE Temui Plt Gubernur Sulsel Bahas Rencana Akses Tol Ke MNP

Sementara itu, Perwakilan PT Pelindo, Arwin, mengaku anggaran pembebasan lahan sudah ada di Bank Mandiri. Anggaran itu, sudah siap salur kepada pihak yang menerima pembayaran ganti rugi lahan.

“Kita sudah target ground breaking paling lambat 30 Desember. Dan, itu kita sepakati di dalam forum ini. Kami sudah berkoordinasi dengan Bank Mandiri, tinggal berkoordinasi dengan masyarakat,” jelasnya.

Proses Pembebasan Lahan

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN), Bambang Priono mengatakan, pengurusan pembebasan lahan untuk tol akses MNP ini, selesai dengan waktu yang cukup singkat.

“Saya baru merasakan pekerjaan yang sangat-sangat cepat soal pembebasan lahan. Alhamdulillah, target pembayaran di tanggal 15-16 Desember. Ini tinggal menunggu uang dari PT Pelindo supaya tidak ada kendala di kemudian hari,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengaku, sampai saat ini proses pembebasan lahan tol akses MNP ini belum ada kendala sama sekali. Tinggal menunggu persiapan ground breakingnya.

“Saya kira tidak ada kendala sama sekali. Saya kira malah kita lebih maju lagi satu hari dari time line yang ditetapkan,” tutupnya. (cr/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button