Musrenbang Kecamatan Manggala, Indira Jusuf Ismail Sosialisasikan Percepatan Eliminasi TB

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail selaku Ketua Forum Multi Sektor (FMS) Percepatan Eliminasi Tuberkulosis (TB) hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Manggala, yang digelar di Hotel Max One, Kamis (04/02/2022).

Sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo dalam Perpres no 67 tahun 2021. Yayasan KNCV Indonesia (YKI) melalui program Mandiri TB, pendanaan USAID mendorong terbentuknya FMS di Kota Makassar, dan memberikan amanah untuk pelaksanaan percepatan eliminasi Tuberkulosis.

Baca Juga : Personel Lantamal VI Jaga Kesiapan Tempur Dengan Rutin Olahraga

“Saat ini di Indonesia, penderita Tuberkulosis telah mencapai 845 ribu penderita, urutan tertinggi ke 3 di dunia dalam kasus TB. Hal ini patut menjadi perhatian dari kita semua, menemukan penderita, mengobati hingga sembuh,” tutur ibu Indira Jusuf.

Untuk itu, diharapkan adanya sinergitas dari semua pihak, untuk secara bersama melakukan percepatan eliminasi dengan memutus mata rantai penularan TB, wujudkan Makassar bebas TB dan percepatan eliminasi TB Tahun 2030.

Sementara itu, Sherly Natar,S.Kep dari Dinas Kesehatan yang juga turut memaparkan materi terkait TB menjelaskan untuk Kota Makassar, kasus terbesar TB berada di Kecamatan Manggala dengan 316 kasus.

“TB dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup bersih, makan makanan bergizi, mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan tidak meludah sembarangan,” ujarnya.

Baca Juga : Desember 2021 Ekspor Sulsel mencapai US$162,58 Juta, Meningkat 77,65 Persen

Pengobatan TB pun diberikan secara gratis di setiap puskesmas. Sehingga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk segera melakukan pengobatan secara rutin ke puskesmas terdekat jika merasa mengidap penyakit TB.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Manggala dihadiri pula oleh Anggota DPRD Kota Makassar yakni Supratman, Kasrudi SH, dan Azwar ST.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button