Kemenag Bulukumba Catat Sebanyak 1.454 Ekor Hewan Kurban Idul Adha 2022

BULUKUMBA, BERANDANEWS.NET – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bulukumba mencatat sebanyak 1.454 ternak yang akan di kurbankan pada perayaan Idul Adha tahun 2022.

Jumlah kurban tersebut merupakan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang mendata jumlah ternak yang akan di kurbankan di setiap mesjid, kelompok dan pribadi masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, H Muhammad Yunus mengatakan, jumlah hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan di bandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga : Pedesterian Kantor Gubernur Sulsel Sudah Layak Diperbaiki, Amson: Perbaikan Terakhir 10 Tahun Lalu

“Tahun ini sebanyak 1.454 ekor tersebar di sepuluh kecamatan, yakni 1387 sapi dan 67 kambing,” rinci HM Yunus.

Secara rinci hewan kurban yang tersebar di 10 kecamatan antaranya, Ujung Bulu 116 sapi dan 8 kambing, Gantarang 532 sapi dan 4 kambing, Bulukumpa 95 sapi dan 4 kambing, Kajang 58 sapi dan 3 kambing, Bonto Tiro 181 sapi dan 24 kambing, Bonto Bahari 54 sapi dan 24 kambing, Herlang 52 sapi dan 5 kambing, Rilau Ale 58 sapi, Ujung Loe 110 sapi, Kindang 113 sapi.

Sementara itu, Kabid Humas Diskominfo Andi Ayatullah menyebutkan, pada Idul Adha tahun ini, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf berkurban masing-masing 3 ekor sapi.

Kurban Bupati Bulukumba di potong dan di bagikan di 3 lokasi yaitu kediaman di Tanete, di Kodim 1411, dan di Makassar. Sementara kurban Wakil Bupati di potong di Masjid ICDT, SPBU Kirasa, dan di Pondok Pesantren Al Mubarak Barabba Kecamatan Gantarang.

“Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati masing-masing 3 ekor. Hanya saja, 1 ekor kurban Bupati di potong di Makassar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi Ulla sapaan akrabnya menghimbau agar dalam perayaan Idul Kurban ini sedapat mungkin meminimalisir penggunaan kantong plastik saat pembagian kurban untuk mengurangi sampah plastik.

Baca Juga : Biro Kesra Sulsel: Data Sementara dari OPD Berkurban 16 Ekor Sapi

“Sedapat mungkin penerima kurban membawa wadah sendiri seperti baskom atau ember, bukan kantong plastik,” imbaunya.

Ada perbedaan waktu shalat Idul Adha tahun ini. Sebagian masyarakat Indonesia melaksanakan shalat Id pada hari Sabtu 9 Juli 2022 dan sementara versi Pemerintah melaksanakan shalat pada hari Minggu 10 Juli.

PHBI Tingkat Kabupaten Bulukumba sendiri melaksanakan shalat Id pada tanggal 10 Juli di Masjid ICDT. Adapun yang bertindak selaku khatib adalah Dr. H. Afifuddin Harisah, LC, MA sedangkan imam shalat Id, Kamaruddin, S.Pd.I, MM.(**)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button