Trending

Di Supermentor, Danny Pomanto Terangkan Arti Sebuah Kepemimpinan

“Banyak orang bertanya apa itu kepemimpinan. Sebagai seorang muslim saya tentunya selalu mempunyai referensi yang universal. Bahwa semua orang adalah pemimpin. Itu ada dalam Al-Quran dan setiap pemimpin, pasti punya tanggung jawab.” Wali Kota Danny Pomanto.

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) membahas arti kepemimpinan dalam Supermentor. Ia mengikuti Supermentor secar virtual di kediaman pribadinya Jl. Amirullah, Kami malam (2/12).

Dalam kesempatan moderator acara Dino Patti Jalal memberi kesempatan kepada Danny Pomanto, memberikan inspirasinya. Dan, masukan positif serta berbagi pengalaman kepada peserta lainnya, selama dua kali menakhodai Kota Makassar.

Danny mengatakan, kata leadership disebut di seluruh dunia, bahkan kata ini mampu menentukan jalan hidup seseorang. Baik bagi kelompok maupun bagi dunia.

“Banyak orang bertanya apa itu kepemimpinan, sebagai seorang muslim saya tentunya selalu mempunyai referensi yang universal, bahwa semua orang adalah pemimpin. Itu, ada dalam Alquran dan setiap pemimpin pasti punya tanggung jawab,” Kata Wali Kota Danny Pomanto.

Kata Danny, dua pertanyaan ini, juga ia alami pada saat pertama kali menjadi wali kota. Dan, menurutnya boleh di katakan sebuah kecelakaan sejarah dalam hidupnya, dirinya terdampar menjadi seorang wali kota.

“Dalam hitungan politis, saya semestinya tidak bisa jadi walikota. Saya bukan politisi, tidak punya pengalaman politik. Saya juga bukan birokrat. Tetapi saya hanya seorang arsitek, membantu pembangunan sebuah kota turun-temurun dari berbagai masa ke masa kepemimpinan. Sehingga, saya mendapatkan stigma orang yang paling tahu penyakit Makassar dan obatnya adalah Danny Pomanto. Itu, saja modal saya menjadi pemimpin,” beber Danny.

Pemimpin dan Tanggung Jawab

Menurutnya, inti kepemimpinan adalah tanggung jawab. Dan, kata dia, itu berarti pemimpin harus menjawab, setiap ada pertanyaan.

“Maka setiap pemimpin di awali dengan bertanggung jawab. Intinya dengan mendengarkan pertanyaan dari mulut warganya,” ucapnya.

“Pemimpin yang lebih baik lagi. Walaupun rakyatnya tidak bertanya dengan mulutnya, tapi dia sudah bisa membaca pikiran, lewat mata dan sentuhan tangan rakyatnya. Pemimpin yang luar biasa, apabila dia mampu membaca hati rakyatnya dan memberikan mereka aspirasi,” jelas Danny.

Danny mencontohkan, dengan memberikan pelayanan Smart City seperti Home Care yang sewaktu waktu memberikan pelayanan selama 24 jam. Termasuk juga di dalamnya program Makassar Recover saat warga kebingungan dengan adanya pandemi Covid 19.

“Ini adalah bentuk aspirasi pemimpin memberikan pelayanan kepada warganya. Tanpa bertanya seorang pemimpin mampu mencarikan solusi apa yang dibutuhkan oleh setiap rakyatnya,” terang Danny. (hms/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button