Basarnas Makassar Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian (High Angle Rescue Technique) di Kabupaten Bantaeng

MAKASSAR,BERANDANEWS.NET,– Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia yaitu mencetak insan sar melalui kegiatan pelatihan. Karenanya Pelatihan High Angle Rescue Techinique (HART) kali ini diadakan di Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan pelatihan HART yang dibuka langsung oleh Asisten I Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng, H. Hartawan Zainuddin pada Sabtu (8/7) di Gedung Baruga Karaeng Latuppa, Pantai Marina, Kabupaten Bantaeng. Yang dalam sambutannya menyatakan, tujuan digelarnya kegiatan ini, antara lain, untuk mencetak insan sar yang handal dan profesional.

“Kegiatan pelatihan ini sangat diperlukan, mengingat Sulawesi Selatan memiliki perairan dan pegunungan dengan karakteristik yang tentunya berbeda di setiap kabupatennya,” kata Hartawan.

Hartawan menyampaikan, sebanyak 50 peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa materi seperti Anchore dan Belay, Ascending dan Descending, Lowering dan Lifting, dari instruktur Basarnas Sulsel yang memang memiliki kualifikasi teknik HART.

“Selain itu nantinya dengan ilmu yang sudah dimiliki oleh para peserta pelatihan ini, diharapkan akan dapat melakukan antisipasi dalam pelaksanaan tugas Operasi SAR yang mungkin akan terjadi setiap saat,” tutup beliau.

Kegiatan Pelatihan HART ini akan berlangsung selama 7 hari , 07 – 13 Juli 2023, yang dipusatkan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. (*/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button