Pemkab Gowa Terima Penghargaan Sebagai Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik

Masuk Peserta 30 Terbaik oleh Kemenpan RB

GOWA, BERANDANEWS.NET – Pemerintah Kabupaten Gowa menerima penghargaan 30 peserta terbaik Kategori Instansi Pemerintah (IP) Umum Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (16/6).

Penghargaan ini diterima langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang diserahkan oleh Deputi II Kantor Staf Presiden Abednego Tarigan.

Adnan mengaku ini suatu kesyukuran karena Kabupaten Gowa kembali menambah perolehan penghargaan di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapat penghagaan dari Kemepan RB dan ini merupakan penghargaan ke 147,” ujar Adnan.

Dirinya mengatakan, tentu penghargaan ini berkat kerjasama dari semua pihak, jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa termasuk masyarakat. Menurutnya pengelolaan pengaduan pelayanan publik Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) melalui pemberdayaan masyarakat melalui Inovasi Sahabat Lapor.

Dirinya menjelaskan Inovasi Sahabat Lapor merupakan pemberdayaan masyarakat terdiri dari perwakilan unsur pemuda yang peduli pelayanan publik tersebar di 18-Kecamatan.

“Sahabat Lapor ini bertugas untuk menyebarluaskan informasi tentang media pengaduan aplikasi LAPOR, memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, serta mengawasi kinerja penyelenggaraan pemerintah di kecamatan dan melaporkan pada aplikasi LAPOR,” jelas Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini menyebutkan, tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan cakupan wilayah, dalam menyampaikan pengadaan melalui aplikasi SP4N-LAPOR sehingga dari pengaduan tersebut dapat dilakukan perbaikan pelayanan publik.

“Inovasi ini akan menjadi solusi terhadap permasalahan masyarakat di Kabupaten Gowa untuk perbaikan kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa, dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR,” tambahnya.

Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Indra Said yang sekaligus Inovator Sahabat Lapor yang hadir mendampingi Bupati Gowa mengaku bersyukur masuknya Kabupaten Gowa sebagi 30 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 yang dilaksanakan oleh KemenpanRB.

“Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan sebagai 30 peserta terbaik di tingkat nasional. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami sebagai pengelola pelayanan untuk terus meningkatkan kinerja layanan pengaduan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa ini suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Gowa. Karena menurutnya Pemkab Gowa merupakan satu-satunya yang berasal dari Instansi pemerintah wilayah Indonesia Timur yang masuk dalam kompetisi ini.

“Sudah dua tahun Kabupaten Gowa menjadi terbaik di wilayah Indonesia Timur,” ungkapnya.

Namun menurutnya, penghargaan ini bisa diraih karena adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya Bupati dan Wakil Bupati Gowa dan seluruh petugas pengelola pengaduan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PANRB yang menyelenggarakan kompetisi ini, dan terkhusus kepada Bapak Bupati Gowa yang selalu memberikan dukungan dan komitmennya dalam pelaksanaan dan pengembangan layanan pengaduan di Kabupaten Gowa, serta seluruh petugas pengelola pengaduan SKPD yang telah menyelesaikan setiap pengaduan secara cepat, tepat dan tuntas,” ucapnya. (JN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button