Trending

Libur Nasional dan Cuti Bersama Lebaran Ditetapkan 29 April hingga 6 Mei

JAKARTA, BERANDANEWS.NET – Cuti bersama Lebaran tahun ini, terbilang panjang. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mulai 29 April hingga 6 Mei 2022. Yakni pada 2 dan 3 Mei 2022 di tetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran.

Presiden Joko Widodo, mengumumkan hal tersebut pada Rabu (6/4/2022).

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002. Dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri, yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022,” kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Keputusan cuti bersama ini, akan di atur lebih terperinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait.

Jokowi mengatakan, cuti bersama dapat di gunakan untuk bersilaturahmi dengan orangtua, keluarga, dan kerabat di kampung halaman.

Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi virus corona belum usai. Selain itu, Presiden juga meminta masyarakat segera melengkapi vaksin Covid-19.

“Saya juga tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai. Kita semua harus selalu waspada,” ujar Presiden.

Jokowi juga mengimbau agar bersegera melengkapi dengan vaksin booster. “Harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” katanya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo menginginkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 di atur secara tepat dan ketat.

Hal tersebut dia sampaikan usai rapat terbatas mengenai persiapan menghadapi Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/4/2022).

“Presiden juga meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini betul-betul di atur secara tepat dan yang ketat. Betul-betul tidak menimbulkan risiko-risiko yang tidak perlu. Sehingga semua orang bisa menikmati mudiknya dengan gembira dan sampai tujuan dengan selamat,” ujar Muhadjir, melalui video keterangan pers di laman Sekretariat Kabinet.

Dalam rapat kabinet tersebut, Muhadjir mengatakan, terdapat beberapa hal yang di bahas terkait mudik Lebaran 2022. Termasuk di dalamnya persiapan mudik, penyaluran bantuan sosial (bansos). Serta peningkatan cakupan vaksinasi dan kebutuhan vaksin di wilayah asal atau tujuan mudik.

Hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), setelah dua tahun yang lalu terhalang pandemi Covid-19, akan ada 76-78 juta penduduk Indonesia bakal melakukan perjalanan mudik lebaran. (bs/ar)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button