Jadi Narasumber di Young Leaders Forum LAN RI, Adnan Paparkan Program Strategis Pemkab Gowa

GOWA, BERANDANEWS.NET – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, salah satu kepala daerah yang menjadi narasumber pada Young Leaders Forum. Yang di selenggarakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP). Dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar secara virtual, Kamis (28/7).

Adnan dalam materinya memaparkan sejumlah program strategis Pemerintah Kabupaten Gowa yang merupakan penjabaran dari visi misi Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan Pemkab Gowa memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat yang unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik.

“Masyarakat yang unggul di maksudkan sebagai kondisi masyarakat dengan kualitas hidup yang lebih baik. Yaitu lebih cerdas, sehat dan produktif, religius berkarakter, gotong royong, inklusif, dan partisipatif,” ujarnya.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi bersama KPU Makassar Bahas Pendidikan Politik Berbasis Lorong Wisata

Sementara untuk masyarakat yang tangguh yaitu dengan kondisi daerah dan masyarakat dengan basis ekonomi yang lebih kuat, mandiri, berdaya saing, merata. Dan tahan terhadap krisis melalui pengembangan sektor unggulan daerah. Hal ini di perkuat dengan infrastruktur yang terintegrasi serta lingkungan hidup yang berkualitas.

Sedangkan, untuk tata kelola pemerintahan terbaik di maksudkan. Sebagai kondisi pemerintahan yang bersih dan akuntabel, berkinerja sangat tinggi dengan pelayanan publik yang berkualitas.

Olehnya itu, orang nomor satu di Gowa ini mengungkapkan. Ada beberapa program strategis Pemkab Gowa dalam mewujudkan visi tersebut, seperti di bidang pendidikan.

Adnan mengungkapkan beberapa program di jalankan, seperti Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan. Investasi SDM Seperempat Abad, PAUD SPAS dan Perpustakaan Desa serta Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana.

Jadi Narasumber di Young Leaders Forum LAN RI, Adnan Paparkan Program Strategis Pemkab Gowa

“Kita menjadikan program pendidikan ini menjadi prioritas utama. Karena kita yakin dan percaya bahwa kekuatan suatu daerah atau suatu bangsa bukan karena Sumber Daya Alam (SDA) nya. Tetapi kekuatan suatu bangsa dan daerah di tentukan dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya,” ungkap Adnan.

Selain pada sektor pendidikan, untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan tangguh Pemkab Gowa. Juga memiliki program strategis di bidang kesehatan dan bidang keagamaan. Bidang kesehatan Pemkab Gowa yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan pembangunan dan peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit dan Puskesmas.

Begitupun di bidang keagamaan, ada beberapa program yang di canangkan Pemkab Gowa, seperti Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah, Pembangunan Rumah Tahfidz, Satu Desa/Kelurahan Satu Hafidz dan Peningkatan Kualitas Imam dan Guru Agama.

“Kita fokus pada bidang keagamaan, selain kita ingin membangun Sumber Daya Manusia yang baik dan unggul juga di harapkan SDM yang unggul ini berlandaskan iman dan taqwa,” ungkapnya.

Baca Juga : Komitmen Gubernur Andi Sudirman Entaskan Anak Tidak Sekolah Berbasis Aksi Kolaborasi

Selain itu, Adnan juga menyebutkan program strategis Pemkab Gowa lainnya, yaitu infrastruktur meliputi pedestrian perkotaan, Ruang Terbuka Hijau Syekh Yusuf, Mall Pelayanan Publik dan Pos Pelayanan Publik, dan Pembangunan Bumi Cadika Perkemahan Cadika Limbung dan Stadion Kalegowa.

Kemudian program strategis Pemkab Gowa yaitu di bidang pertanian dan UMKM, yaitu pengembangan sapi perah, pembangunan industri susu dan pariwisata Chimory, penangkaran bibit kentang, rumah produktif dan klinik UMKM.

“Capaian pembanguann Kabupaten Gowa terus merangkak naik dari data BPS, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa berada di posisi kedua tertinggi di Sulawesi Selatan yaitu 7,26 persen. Kekuatan pertanian yang menjaga perekonomian kita bisa tumbuh positif,” tambahnya. (JN)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button