2,5 Juta Warga Telah Vaksin, Plt Gubernur Sulsel: Mobile Vaccinator Terus Bergerak

Mobile vaccinator yang terus bergerak berhasil memvaksin 2,5 juta warga Sulsel. Program ini sangat mendukung pengendalian penularan Covid-19 di Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET— Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mendorong percepatan vaksinasi Covid-19. Dengan tujuan untuk membangun herd immunity (kekebalan kelompok). Sebagai salah satu langkah hulu dalam penanganan pandemi Covid-19.

Melalui upaya Sulsel Kebut Vaksinasi, tim melakukan bergaram hal untuk mempercepat vaksinasi. Seperti gerai vaksin dan Mobile Vaccinator, serta beragam inovasi lainnya.

Terkini, update capaian vaksinasi Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan tertanggal 12 Oktober 2021 pukul 19.15 Wita, memperlihatkan angka yang terus meningkat.

Data yang bersumber KPCPEN, menyebutkan bahwa cakupan vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 2.526.580 orang atau 35,80%, sementara vaksinasi dosis 2 sudah mencapai 1.555.436 orang atau 22,04% dari target 7.058.141.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, “Mobile Vaccinator terus bergerak ke kelompok masyarakat dan lainnya, seperti di sekolah, perguruan tinggi, pasar serta fasilitas umum lainnya,” katanya, Rabu (13/10/2021).

Apalagi Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan aturan teknis sebagai dasar perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Instruksi Mendagri

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1. Serta mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan. Untuk pengendalian penyebaran corona virus disease 2019 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, tertanggal 4 Oktober 2021.

Di mana PPKM ini berlaku dua pekan, mulai tanggal 5-18 Oktober 2021. Dari Inmendagri itu, menunjukkan perkembangan baik di Provinsi Sulawesi Selatan. Seluruh Kabupaten/Kota di Sulsel kini masuk dalam PPKM Level 2 (zona kuning).

Padahal, dua pekan sebelumnya, ada 6 Kabupaten/Kota di Sulsel yang masuk dalam PPKM Level 3 dan 18 Kabupaten/Kota lainnya masuk dalam PPKM Level 2.

“Alhamdulillah, saat ini seluruh Kabupaten/Kota di Sulsel sudah PPKM Level 2 atau zona kuning. Semoga kita terus berupaya mempertahankan ataupun bisa berupaya agar masuk dalam level 1,” ungkapnya.

Menurutnya, capaian ini tidak terlepas dari upaya bersama Pemerintah, TNI-Polri, pihak swasta lainnya serta masyarakat yang ikut aktif mendukung dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kita tidak boleh lengah, harus tetap sadar akan pentingnya protokol kesehatan, 5M gencar dan upaya 3T. Tetap jaga iman dan imun selama pandemi Covid-19 ini,” pintanya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button