Unismuh bersama Siswa Indonesia di Malaysia Lakukan Konservasi melalui Tanam Mangrove

KUALA LUMPUR,BERANDANEWS.NET., — Sejumlah 60 siswa & guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur bersama Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar lakukan penanaman Mangrove di Taman Alam Kuala Selangor, Malaysia pada hari ini Selasa, 20 Juni 2023.

Kegiatan ini menjadi bagian dari proses pendidikan lingkungan melalui model pembelajaran Experiental & Joyful Learning-Marine Edutourism (EJoy-ME) yang digagas oleh Dr. Riza Sativani Hayati, M.Pd.

Dr. Riza Sativani mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini siswa belajar melalui proses pembelajaran langsung di ekosistem mangrove Kuala Selangor National Park.

“Ini adalah proses pembelajaran menyenangkan yang mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang lingkungan dan konservasinya. Selain itu, Kuala Selangor Park memiliki beberapa bagian ekosistem yang sudah rusak dan perlu rehabilitasi, salah satunya melalui tanam mangrove,” ungkapnya.

Dr. Riza menegaskan agar peserta dapat mengambil peran menanam ratusan pohon di salah satu bagian ekosistem mangrove.

“kegiatan ini mampu meningkatkan literasi lingkungan siswa melalui tahap pembelajaran EJoy-ME yang menyenangkan. Modal literasi lingkungan ini sangat diperlukan pada masa kini dimana dunia berbondong-bondong melakukan pengembangan infrastruktur fisik yang tidak memperhatikan lingkungan,” tuturnya.

“Ini juga modal bagi siswa Indonesia agar kelak mampu menjaga lingkungannya ketika kembali mengabdi di Indonesia,” tambahnya.

Kegiatan ini juga terlaksana dengan baik atas support hibah pengabdian masyarakat kolaborasi internasional dari LP3M Universitas Muhammadiyah Makassar. (*/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button