TK Islam Athirah Bukit Baruga Kuatkan Karakter Cinta Lingkungan Pada Anak Didik Lewat Program 5R

MAKASSAR,BERANDANEWS.NET, — TK Islam Athirah Bukit Baruga laksanakan salah satu program penguatan karakter anak didik yakni 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) pada hari ini, Senin (28/08/2023). program yang bertujuan untuk mengenalkan budaya menjaga kebersihan sejak dini Kepada anak didik ini dilaksanakan di masing-masing kelas. Kegiatan 5R dilaksanakan setiap hari Senin secara berurutan dengan kegiatan upacara bendera dan permainan tradisional.

 

Salah satu guru TK Islam Athirah Bukit Baruga, Hasnidar, S.Pd menjelaskan kepada anak didik sebelum memulai kegiatan 5 R di kelas.

 

“Teman-Teman, Kegiatan pagi ini ialah 5R. Apa yah itu? 5R adalah , Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin,”

Kegiatan ini kita lakukan sebagai rutinitas dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah kita,” ungkap Nidar.

 

Lebih lanjut Nidar menjelaskan kegiatan 5R yang bisa dilakukan anak di rumah bersama orang tuanya.

 

“Teman- teman boleh melakukannya di rumah bersama Ayah dan Bunda di rumah seperti membersihkan tempat tidur dipagi hari,” ungkap guru yang akrab disapa Ummi Nidar oleh anak didiknya.

 

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang dapat dikenalkan kepada anak didik. Selain dengan melakukan program 5R secara rutin di Senin pagi, guru TK Islam Athirah Bukit Baruga juga mengenalkan pentingnya menjaga lingkungan melalui rutinitas sehari-hari saat berada di sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan secara rutin hingga mengenalkan hadits kebersihan baik secara lisan maupun pada media gambar di kelas. (*/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button