Respon Cepat Pemprov Sulsel, Kurang 24 Jam Selesaikan Jalan Tertutup Akibat Longsor di Batas Gowa – Tondong Sinjai

SINJAI, BERANDANEWS.NET – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan merespon cepat penanganan jalan yang mengalami longsor pada ruas Batas Gowa – Tondong di Kabupaten Sinjai.

Tepatnya di Lingkungan Hulo, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai. Jalan ini merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa.

Dari laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Sinjai, bahwa pasa Minggu 8 Maret 2022 terjadi hujan deras, menyebabkan tanah pada lereng menjadi labil sehingga mengakibatkan longsor dan membawa material berupa pohon, tanah dan batu. Akibatnya akses jalan menuju Kabupaten Gowa sempat terputus.

Baca Juga : PKK Sulsel Apresiasi Program Unicef Deteksi Dini Gizi Buruk Anak Usia Balita di Sulsel

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan, bahwa jalan poros Sinjai – Malino itu sudah mulai kembali dilalui oleh masyarakat. Adapun titik longsor pada km 121+150. Jalan ini pun di daerah pegunungan, sehingga rawan terjadi longsor.

“Alhamdulillah, kita sudah tangani dan menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Dan kurang dari 24 jam, kita sudah tangani atau pada Minggu malam sudah bisa kembali dilalui,” kata Astina, Selasa (10/5/2022).

Menurutnya, respon tanggap cepat ini menjadi arahan langsung oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Tahun ini juga Bapak Gubernur mengalokasikan untuk penanganan pasca bencana pada ruas Batas Gowa – Tondong senilai Rp 1,5 Miliar,” sebutnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button