Prodi MIAN UIT Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa Gelar PKM di Kelurahan Lakkang

MAKASSAR,BERANDANEWS.NET, — Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia Timur (MIAN UIT) Berkolaborasi Dosen dan Mahasiswa Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Lakkang Kec.Tallo Kota Makassar, Sabtu 29 Juli 2023.

Kegiatan PKM ini mengusung tema ” Pemberdayaa Ekonomi Masyarakat Desa dan Peningkatan Pendapatan Asli Desa melalui Badan Usaha Miĺìk Desa (Bumdes). dengan nara sumber Musdalifa, S.Kom.

Lurah Lakkang, Irwan, S.Pd I mengatakan kondisi kelurahan Lakkang sedikit berbeda-beda di Kelurahan-kelurahan di Kota Makassar. Kelurahan Lakkang satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tallo dari 15 Kelurahan. Kelurahan Lakkang harus ditempuh dengan menggunakan perahu. Jadi luas wilayah yang ada di kelurahan Lakkang ini dalam administrasi saya lihat 165 hektar dengan jumlah penduduk yang ada di kelurahan Lakkang 1100 jiwa dengan jumlah KK 351.
Adapun mata pencaharian warga masyarakat Kelurahan Lakkang ada Nelayan, Petani Tambak dan Buruh Harian sehingga Kelurahan Lakkang tidak seperti Desa ada anggaran pusat, kalau di Kelurahan itu hanya dana kelurahan namanya. Jadi dana kelurahan sehingga tidak punya badan usaha seperti yang ada di desa, jadi betul-betul di kelurahan itu adalah pemberdayaan masyarakat di utamakan dalam pembinaan dan pengembangan potensi yang ada di kelurahan Lakkang, dana-‘dana di Kelurahan, kita alokasikan untuk pembinaan, dan memberikan peluang kepada warga masyarakat Lakkang untuk bisa mengambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang ada di kelurahan Lakkang, “paparnya.

Harapan kami mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat dan berkah bagi warga kami di Kelurahan Lakkang.
Mewakili warga masyarakat Lakkang mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kegiatan ini yang dilakukan teman-teman khususnya atas bimbingan dari bapak Rektor , Ketua Yayasan,, Direktur PPs UIT, Ketua Prodi, dalam melakukan pembinaan terhadap teman-teman dari Pascasarjana, “kata Irwan.

Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE, MM mengatakan ucapan banyak terima kasih dari pak Lurah dan seluruh warga masyarakat yang ada di Kelurahan Lakkang ini.
Berkaitan apa yang kita lakukan hari ini, kami dari Universitas Indonesia Timur ingin melakukan sebuah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, yang nantinya program pak Lurah lakukan berkaitan dengan judul PKM Peningkatan Pendapatan Asli, berbicara tentang pendapatan selalu kita melihatnya bahwa anggaran keuangan negara di golongtorkan kepada Lurah-lurah, Kepala Desa itu bukan uang kecil, nah bagaimana caranya nanti pak Lurah yang akan membimbing bapak ibu sekalian, dan kami sebagai Institusi Akademik ingin memberikan sebuah pengetahuan, kita tidak bisa menginterpensi,” ucapnya.

Dengan adanya PKM ini, kita sangat berterima kasih kepada pak Lurah, karena dapat memfasilitasi kita. nanti kita ke sini untuk melakukan penelitian apa yang ingin diteliti, supaya masyarakat kita mendapatkan sebuah income dari kita juga Dosen mendapatkan sebuah Coin, mudah-mudahan dengan adanya Lurah ini dapat menerima kita, kemarin juga kita ke Takalar untuk melakukan PKM dan ada beberapa Desa, dan Kelurahan yang bisa kita kembangkan dengan melalui program PKM ini sehingga para Dosen dan mahasiswa juga menjadikan sebuah konsep, dengan banyaknya pengabdian itu menjadi sebuah poin juga bagi Universitas dengan jaminan kualitas mutu dan citra terhadap pengembangan kampus, “kata Rektor.

Ketua Prodi MIAN, Dr.Nurmilah Ilyas, S.Sos, M.Pd mengatakan PKM merupakan salah satu Mata Kuliah pada Program studi Magister Ilmu Administrasi Publik dengan 3 SKS, jadi setiap semester akan dilaksanakan PKM.Syukur Alhamdulillah semester ini diadakan di Kelurahan Lakkang Kec. Tallo Kota Makassar, dengan kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Desa lewat Bundes, semoga kegiatan ini mempunyai dampak positif terhadap masyarakat khususnya Kelurahan Lakkang dan kegiatan ini merupakan realisasi daripada teori-teori yang telah di dapatkan di perkuliahan.

Kaprodi MIAN, sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa secara eksternal bisa langsung terjun ke masyarakat sekeligus mempromosikan kampus Universitas Indonesia Timur khususnya Program Pascasarjana UIT, “ungkapnya.

Kaprodi, menyampaikan terima kepada pemerintah setempat yang telah menerima kami pada kegiatan PKM Mahasiswa Magister Ilmu Administrasi Publik PPs UIT, ” kata Nurmillah Ilyas.

Pada kegiatan PKM ini, Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE,MM memberika Cendera mata kepada Lurah Lakkang, Irwan, S.Pd I, dan begitupun para mahasiswa cendera mata kepada Dosen, dan pembagian sembako kepada masyarakat yang hadir di acara PKM.

Kegiatan PKM ini turut dihadiri Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE,MM, Ketua Yayasan Indonesia Timur, Aminuddin, SH, MH, Wakil Rektor I Drs.Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes, Kepala BAAK Agus Suarman, SE, MM, Direktur PPs Prof. Dr.Abd Wahid Wahab, M.Sc, Asdir PPs, Dr.Makkah Muharram, SH, MH, Ketua Prodi MIAN, Dr. Nurmilah Ilyas, S.Sos, M.Pd, Ketua Prodi MH, Dr.Patawari, SH, MH, Sekretaris Prodi MH, Nurmiati, SH,MH, Dr.Henni Zainal, S.Sos, M.Si, Dr.Rahmuniar, M.Si, Dr. Andi Risma Jaya, S.IP, M.AP, Dr. Andi Imran Sadiq, M.Si, Dr.Apt.Ajeng Kurniati R, S.Si, M.Kes, Ketua PKM, Nurhidaya Masri, S.Ag, Irwan, S.Pd I, Wahyu, S.Sos, Jusdman, S.Pd, Kaharuddin, S.Sos, Musdalifa, S.Kom, A.Kaharuddin, S.Sos, Fausi, S.Sos, Wilda, S.Sos, Ketua RW, Ketua RT, Masyarakat.

(*/Humas UIT/Beddu Lahi).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button