Pelaku UMKM Bengok Craft Binaan BI Kini Sudah Tembus Pasar Global

SEMARANG,BERANDANEWS.NET, – Bank Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatatkan hingga saat ini, telah berhasil melakukan pendampingan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan, agar tembus pasar internasional atau global.

 

“Jumlahnya pun telah berhasil mencapai ratusan pelaku UMKM, yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.

 

Pada kesempatan itu Kepala BI Wilayah Sulsel Causa Imam Karana mengatakan bahwa Saat ini ada sekitaran 100-an lebih UMKM Binaan BI Sulsel, yang telah tembus pasar global.

 

“hal itu tentunya karena yang konsisten melakukan pembinaan secara berkelanjutan, dengan tujuan untuk mengawal produk-produk dari UMKM binaan, dapat masuk pasar internasional atau global salah satu UMKM Bengok Craft atau pengelolaan eceng gondok Danau Rawa Pening Kabupaten Semarang Provinsi Jateng. “Ujarnya.

 

Sementara Founder Bengok Craft, Firman Setyaji melihat peluang usaha untuk mengolah eceng gondok menjadi barang bernilai, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

 

Iapun berhasil menaikkan kelas tanaman eceng gondok yang cenderung dianggap merusak lingkungan di rawa pening menjadi kerajinan tangan berkualitas, seperti tas, totebag, baju, sandal, case ponsel, topi, hingga buku. “Tuturnya saat puluhan wartawan Sulsel mengunjungi lokasi pengelolaannya Sabtu 22/07/2023.

 

Dirinyapun bersyukur, berkat Bank Indonesia yang intens memberikan pembinaan, pihaknya mampu menaikkan omzet penjualan, memgikuti pameran hingga pemasarannya mampu menembus pasar Asia dan Eropa. (*/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button