Trending

1.918 CPNS Pemkab Gowa Ikuti Ujian SKD

Wabup Gowa Minta Peserta Percaya Diri

CPNS Pemerintah Kabupaten Gowa berjumlah 1.918 mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Jumat (8/10/2021). Wabup Gowa berharap peserta percaya diri mengerjakan soal.

GOWA, BERANDANEWS.NET — Sebanyak 1.918 orang peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Gowa mengikuti ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) CPNS Gowa Tahun 2021 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumat (8/10).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni meninjau langsung dan memberikan semangat kepada peserta ujian.

Kr Kio sapaan Wakil Bupati Gowa memotivasi sekaligus menyemangati seluruh peserta CPNS Kabupaten Gowa yang ikut SKD. Dirinya berharap para peserta ujian SKD bisa mengerjakan soal dengan baik dan percaya pada diri sendiri.

“Insya Allah kalau belajar dengan baik pasti bisa dikerja. Yakin pada diri sendiri jangan bergantung pada orang lain, semoga sukses,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, Muh Basir mengatakan bahwa kegiatan yang mulia berlangsung hari ini.

“Ini terdiri dari pelamar umum yang jumlahnya 1.913 dan 5 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Mereka ini yang lulus pada tahap seleksi administrasi,” saat mendampingi Wakil Bupati Gowa meninjau pelaksanaan tes.

Di saat yang sama, Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Kabupaten Gowa, M. Agus Salim Harahap menjelaskan, ujian SKD akan dilaksanakan hingga hari Senin mendatang yang dibagi dalam tiga sesi setiap hari. Sedangkan khusus Selasa mendatang akan dilaksanakan SKD untuk PPPK Non Guru.

“Khusus pada Jum’at ini cuma dua sesi karena mengingat kita ada salat Jum’at bagi umat muslim. Sementara Sabtu, Minggu hingga Senin itu terbagi tiga sesi dalam satu sesi itu kurang lebih 180 peserta,” jelasnya.

Materi Ujian

Selama ujian SKD, peserta akan menjawab sebanyak 110 soal yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) dengan passing grade dibagi dalam tiga kategori.

Kategori pertama passing grade untuk CPNS umum, TWK 65, TIU 80 dan TKP 166, kategori Cumlaude, TWK 65, TIU 85 dan TKP 166 lebih tinggi dari CPNS umum dan kategori disabilitas, yaitu TWK 65, TIU 60 dan TKP 166.

Dirinya juga berharap seluruh peserta seleksi agar bisa mengerjakan soal dengan baik. Apalagi saat ini penerimaan seleksi membutuhkan kemampuan diri sendiri tanpa mengharapkan bantuan dari orang lain.

“Jadi saya mengimbau kepada seluruh peserta seleksi, tidak ada lagi yang namanya percaloan, pengurusan untuk menjadi PNS. Anda cukup mempersiapkan, membuat diri anda bersyarat dan tatap jaga kesehatan apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, yang terpenting adalah anda harus belajar dan banyak berdoa,” harapnya.

Selain itu, Agus Harahap menyebutkan pelaksanaan tahapan Seleksi menerapkan protokol kesehatan, seperti peserta diwajibkan memakai masker, mencuri tangan dan dilengkapi surat pernyataan deklarasi sehat dan surat keterangan Antigen atau PCR.

“Kalau peserta yang positif Covid-19 dan setelah pemeriksaan tim kesehatan, dan sifatnya OTG atau tanpa gejala kita siapkan ruangan khusus dan tetap ikut tes sesuai jadwal. Tapi kalau ada yang bergejala itu kita akan koordinasi kembali dengan BKN dan biasanya akan jadwalkan ulang,” tambahnya. (jn/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button