Jannah Theme License is not validated, Go to the theme options page to validate the license, You need a single license for each domain name.

Viral, Kabar Pemkot Makassar Umumkan Laskar Pelangi, Peserta Ujian 15.000 Diterima 12.500

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET – Meski belum ada keputusan resmi, kabar Pemkot Makassar akan umumkan hasil tes pegawai Laskar Pelangi sudah tersiar. Grup-grup WhatsApp riuh. Kabar yang tersiar menyebut akan ada pengumuman, Senin 10 Januari 2022. Benarkah?

Pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar pun belum mengeluarkan tanggal resmi pengumuman.

Namun, mengacu pada keterangan Kepala BKPSDM Makassar, Siswanta Attas, pada Rabu 5 Kanuari 2022 lalu, menyebut pihaknya akan mengumumkan pekan depan. Dari pernyataan itu, peserta menunggu pengumuman pada Senin 10 Januari 2022.

Baca Juga : Bupati Gowa Adnan Lepas 1.200 Pelari Gowa Run 10K 

Ia menjelaskan, pengumuman hasil seleksi laskar pelangi ini terlambat. Karena sebelumnya ada lelang jabatan. Sehingga pihaknya harus fokus dulu menyelesaikan lelang jabatan.

“Kita terlambat karena banyak kerjaan. Baru-baru sudah lelang jabatan dan ini juga kita kebut untuk umumkan secepatnya,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya tenaga Laskar Pelangi akan menutupi kebutuhan pegawai di wilayah Pemerintah Kota Makassar.

Sebagai informasi, pendaftar Laskar Lelangi Kota Makassar sebanyak 15.000. Terdiri dari 12.000 pegawai lama dan 3.000 pendaftar baru.

Sebelumnya Kepala Bidang Kepegawaian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Muh Ilham Rasul mengatakan berdasarkan laporan Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), kebutuhan pegawai di lingkup Pemkot Makassar mencapai 23 ribu orang.

Saat ini, sudah ada sebanyak 10.500 pegawai yang terdiri dari PNS dan PPPK, sehingga kuota penerimaan kurang lebih hanya sebanyak 12.500 pegawai.

“Sesuai dengan hitungan Ortala, ada 23 ribu jumlah pegawai (kebutuhan), sekarang 10.500-an PNS dan PPPK. Tenaga sourcing di kecamatan itu 12 ribu, jadi kalau kita hitung-hitung itu sebenarnya seimbang dengan kebutuhan pagawainyakan, hanya 10.500 (ASN dan PPPK). Sementara jumlah kebutuhan pegawai itu sampai 22-23 ribu,” katanya.

Baca Juga : Tahun 2022 Pemprov Sulsel, Ruas Pekkae-Takkalalla di Soppeng Prioritas Dikerjakan Secara Bertahap

Sehingga dia memastikan masih ada ribuan pendaftar Laskar Pelangi yang tak akan lolos seleksi. Tak hanya dari pendaftar baru, tapi juga dari pendaftar lama.

“Sementara kita masih tahap penilaian sekarang, jadi kemungkinan ada yang tidak lulus. Yang baru begitu ada yang tidak lulus, yang lama juga begitu. Minggu inilah kita usahakan bisa rampung semua (pengumuman),” urainya.

Kenaikan Gaji Tenaga Honorer

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) sebelumnya berencana menaikkan gaji tenaga honorer lingkup Pemkot Makassar menyusul resetting.

Nominalnya disebut akan berada di atas Rp2 juta. Hanya saja, hal itu dinilai akan membebani keuangan Pemkot Makassar.

“Kalo dinaikkan berarti bertambah belanja pegawai, otomatis pasti membebani, karena belanja 2022 kan sudah disepakati dengan DPRD,” jelasnya.

Tak hanya itu, rencana tersebut juga belum dibahas dan disepakati oleh tim TAPD Pemkot Makassar. “Usulan pun pernah saya dengar, cuma kan tetap harus melihat kondisi keuangan daerah,” katanya.

Kenaikan gaji tenaga honorer tersebut bisa saja dilakukan, tapi harus dibarengi dengan pendapatan daerah yang juga perlu digenjot agar seimbang.

Sebagai informasi, tahun ini alokasi anggaran belanja pegawai mencapai Rp1,3 triliun dari anggaran belanja Pemkot Makassar senilai Rp4,9 triliun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button