Tingkatkan Kesiapsiagaan Kecelakaan Lalulintas, Basarnas Makassar Latihan Vehicle Accident Rescue

MAKASSAR,BERANDANEWS.NET, — Menghadapi meningkatnya arus lalulintas jalan raya dan moda transportasi di wilayah kerjanya, Basarnas Makassar berupaya tingkatkan kompetensi tim rescuer sebagai langkah kesiapsiagaan menghadapi kecelakaan lalulintas. Hal itu disampaikan oleh Mexianus Bekabel, selaku Kepala Kantor Basarnas Makassar saat membuka Latihan Sar Vehicle Accident Rescue Tahun 2023 di Aula Rapat Kantor Basarnas Makassar, Senin (4/9/2023).

 

Dalam sambutannya, Mexianus juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai wadah bagi rescuer atau tim penolong Basarnas Makassar untuk menyegarkan kembali pengetahuan, pemahaman, dan pengalamannya dalam menghadapi situasi kecelakaan lalulintas.

 

“Sesuai Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, tugas Basarnas selain menangani operasi kecelakaan penerbangan dan pelayaran, juga diberikan tanggungjawab pada kecelakaan penanganan khusus di jalan raya,” terang Mexianus.

 

Kegiatan ini rencananya dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 4 sampai dengan 5 September 2023. Kegiatan dibagi menjadi dua bagian, hari pertama fokus pada penerimaan materi yang juga dibawakan oleh Satuan Lalulintas Polres Maros dan materi penanganan kecelakaan khusus lalulintas serta Tactical Floor Game yang memperagakan simulasi pergerakan tim ke lokasi kejadian yang akan disimulasikan.

 

Sementara itu, hari kedua akan disimulasikan langsung di Jalan Poros Kima Maros berupa adanya kecelakaan lalulintas terhadap 4 korban.

 

“Saya berharap semua peserta yang terlibat bersungguh-sungguh melaksanakan latihan ini sebagai bekal bagi kita nanti bertindak saat terjadi kondisi yang membutuhkan Basarnas,” imbuh Mexianus.

 

Adapun peserta yang terlibat sebanyak 16 orang tenaga rescuer Basarnas Makassar, dan 7 orang selaku panitia pendukung terlaksananya kegiatan. (*/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button