Trending

Kadis Perindag Sulsel Tertarik Bawa Konsep Wisata Kuliner Kampung Baru ke Daerah

Inovasi Perumda Pasar Makassar Raya membangun Pasar Wisata Kuliner di pasar tradisional mendapat apresiasi dari Disperindag Sulsel. Bahkan, Kadis Perindag Ashari Radjamilo berniat membawa konsep itu ke pasar tradisional di daerah.

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Selatan H. Ashari Radjamilo mengapresiasi inovasi Perumda Pasar Makassar Raya di tengah Pandemi.

Ia kagum atas inovasi itu, saat melakukan kunjungan di Pasar Kampung Baru. Dalam kesempatan itu, Ashari mengatakan kerja-kerja jajaran Direksi Perumda Pasar adalah sebuah terobosan peradaban baru.

“Sebelumnya, kami tidak pernah membayangkan kalau di dalam pasar ada warkopnya, ada Wifinya, ada juga Podcastnya. Ini berkat kejelian pak Sahar dan teman-teman di Perumda Pasar. Ini adalah sebuah terobosan baru dan saya berharap ini bisa jadi inspirasi bagi semua orang,” ujarnya.

Menariknya, menurut putra mantan Bupati Jeneponto ini, karena kondisi Pasar Baru ini cukup bersih.

“Di luar dugaan yang biasa kita tau pasar itu kotor, jorok dan becek. Dan uniknya lagi banyak barang yang kita bisa peroleh di sini,” ujarnya.

Penganan dan Oleh-oleh Khas Sulawesi

Untuk itu, guna membantu perekonomian agar lebih maju lagi, pihak Dinas Perdagangan Prov. Sulsel nantinya akan berkolaborasi mewujudkan Pasar Kampung Baru sebagai Pasar Wisata pusat jajanan khas Sulawesi.

“Kami akan lakukan kerjasama. Dan, kami dari Dinas Perdagangan akan membuat display makanan di lantai 2. Kami juga akan sulap jadi pusat kuliner makanan khas Sulawesi Selatan,” katanya.

“Jadi kalau Anda mau cari makanan khas Toraja tidak usah jauh, ke Pasar Baru saja. Kalau Anda cari makanan khas Mandar, tak perlu ke Sulbar, cukup ke Pasar Baru saja. Begitu juga makanan lainnya,” tambahnya.

Tidak hanya itu, ia juga akan menyiapkan oleh-oleh khas Sulawesi Selatan di Pasar Kampung Baru. “Jadi, bukan cuma jajanan khas Sulawesi, cendramata dan oleh-oleh akan kami upayakan di Pasar Kampung Baru,” ucap Ashari.

Ia juga akan kami mengupayakan beberapa pasar di kabupaten dan kota lain membawa konsep Pasar Wisata Kuliner alah Pasar Kampung Baru.

“Kami akan mencoba bawa konsep ini ke beberapa pasar di kabupaten dan kota lain. Sehingga, selain berbelanja pasar juga menjadi kawasan wisata menarik, jauh dari kesan jorok, becek, dan kumuh,” pungkasnya. (cr/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button