Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo, Anies dan Jokowi versi Survei PRC-PPI

JAKARTA,BERANDANEWS.NET – Hasil survei Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) menyatakan Ganjar Pranowo punya elektabilitas paling tinggi sebagai capres. Bahkan mengungguli Prabowo, Anies, dan Jokowi.

Gubernur Jawa Tengah itu, mengungguli semua nama populer. Seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ganjar memiliki elektabilitas 17,2 persen. Disusul Prabowo 14,6 persen dan Anies 9,1 persen.

“17,2 persen menyatakan Ganjar Pranowo. 14,6 persen menyatakan Prabowo, Anies setelahnya,” kata Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo dalam paparannya secara virtual, Senin (27/12).

Rio mengatakan, nama Ganjar bahkan unggul dari Presiden Joko Widodo yang berada di tempat keempat dengan tingkat elektabilitas 6,9 persen. Namun, dia tak mengetahui persis mengapa nama Jokowi masuk dalam pilihan responden.

Ia menduga responden tak mengetahui Jokowi tak masuk dalam bursa pencalonan presiden pada 2024 mendatang. Ada pula kemungkinan sebagian masyarakat berharap Jokowi lanjut menjabat di periode ketiga.

Dalam survei tersebut, di posisi kelima ada nama politikus Partai Gerindra sekaligus Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas 5,2 persen. Disusul Ridwan Kamil 4,0 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,0 persen.

Di posisi terakhir atau 10 ada Puan Maharani yang hanya memperoleh elektabilitas 0,8 persen. Nama Puan berada di bawah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Gatot Nurmantyo.

Survei PRC dan PPI melibatkan 1.600 responden yang tersebar di 34 provinsi yang dipilih dengan metode multi stage random sampling. Survei dilakukan sepanjang 12 November hingga 4 Desember lalu. (bs/cr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button