Dorong Transformasi Digital, Plt Gubernur : UMKM untuk Sulsel yang Lebih Baik

MAKASSAR, BERANDANEWS.NET – SULSEL – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, membuka acara Rapat Fasilitasi Pengembangan UMKM Berbasis Digital dengan tema “Bangkitkan UMKM di Sulawesi Selatan” secara virtual, Rabu 8 Desember 2021. Ia mendorong agar UMKM dapat berperan penting dalam upaya pemulihan perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Dalam setiap kesempatan, Bapak Presiden Joko Widodo selalu berpesan bagaimana menjadikan UMKM sebagai the backbone atau ujung tombak dalam sistem ketahanan perekonomian Nasional,” katanya.

Ia mengakui, UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian di Sulsel. Dimana, UMKM selalu tumbuh dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun.
Olehnya itu, Pemprov Sulsel terus berupaya dalam menyiapkan fasilitasi untuk sertifikasi gratis bagi UMKM. Baik untuk UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel maupun IKM (Industri Kecil Menengah) pada Dinas Perindustrian Sulsel. Adapun sertifikasi yang diberikan seperti sertifikat halal, merek dan PIRT.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka untuk menciptakan UMKM ini kedepannya lebih kita standarisasi untuk kita fasilitasi dan mendorong ke depan sebagai sebuah sistem penggerak maupun motor penggerak perekonomian yang lebih di depan,” jelasnya.

Saat ini, dirinya mendorong perusahaan maupun perbankan agar Corporate Social Responsibility menyasar dalam pengembangan UMKM, termasuk dalam membuka sentra-sentra UMKM. Serta membuat pusat komoditi dari 24 kabupaten/kota dengan memilih produk unggulan yang berstandar dan berkearifan lokal.

Di masa pandemi Covid-19, pentingnya mendorong UMKM untuk terus melakukan transformasi dalam bentuk digitalisasi sebagai upaya untuk dapat memudahkan dalam pemasaran produk. “Tetap semangat, UMKM untuk Sulawesi Selatan yang lebih baik kedepan,” tegasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button