Diawali di Gantarang, Sepakbola Bupati Cup 2022 Digelar

BULUKUMBA, BERANDANEWS.NET – Turnamen Sepakbola Bupati Cup 2022 mulai digelar di tingkat kecamatan. Event yang diinisiasi oleh Pemda Bulukumba bersama Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bulukumba diawali di Kecamatan Gantarang, yang pembukaannya dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, di Lapangan Sepakbola Dampang, Senin 1 Agustus 2022.

Sistem dari turnamen ini, dimulai dari tingkat kecamatan yang pesertanya dari desa dan kelurahan. Sementara tingkat kabupaten, akan diikuti oleh masing-masing kecamatan yang ada di Bulukumba dengan memilih pemain terbaik dari desa kelurahan masing-masing.

Adapun pelaksanaan di tingkat kecamatan, panitia hanya memusatkan di satu titik atau satu lapangan saja di masing-masing kecamatan.

“Dimulai dari Kecamatan Gantarang, selanjutnya kita akan melakukan pembukaan turnamen di 9 kecamatan lainnya,” kata Ketua Askab Bulukumba, H. Amry.

Menurut H. Amry, turnamen ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh Askab Bulukumba oleh karena pertama kalinya dilaksanakan dalam rangka mengembangkan olahraga sepakbola di Bulukumba.

“Alhamdulillah kita mendapat support dari bapak Bupati dan Wakil Bupati, termasuk fasilitas dan lain-lain sehingga kita dapat melaksanakan turnamen ini di seluruh kecamatan,” bebernya.

Dalam pelaksanaan turnamen ini, Askab Kecamatan akan mengevaluasi dan memilih pemain-pemain terbaiknya yang akan mewakili kecamatannya untuk bertanding dengan tim kecamatan lainnya di tingkat kabupaten.

Di turnamen tingkat kecamatan ini, pihaknya kata Amry tetap menyiapkan tropy untuk juara 1, 2 dan juara 3 bersama tambah hadiah uang pembinaan

“Adapun Bupati Cup di tingkat kabupaten nantinya tetap dapat tropy bagi yang juara dan bagi juara 1 akan mendapat tropy piala bergilir,”

Dikatakan Askab PSSI saat ini melakukan pendataan untuk database klub-klub sepakbola yang ada di Kabupaten Bulukumba. Bagi yang memiliki klub dipersilahkan mendaftar di Askab dengan memenuhi persyaratan administrasi. Ke depan klub-klub yang tidak terdaftar di Askab tidak bisa mengikuti turnamen yang digelar di Bulukumba.

“Setelah semua klub terdaftar di Askab, maka kita juga menggelar turnamen sepakbola khusus klub,” terangnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Andi Edy Manaf menyampaikan bahwa dengan digelarnya turnamen sepakbola ini, membuktikan Pemkab Bulukumba tidak berdiam diri dalam mendorong peningkatan sumber daya dan potensi olahraga yang ada, khususnya sepakbola.

“Melalui turnamen ini, kita sudah bisa mengidentifikasi bibit atlet sepakbola yang ada di seluruh desa kelurahan, sehingga kita mampu melakukan pembinaan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Wabup Edy Manaf mengajak seluruh elemen untuk mensukseskan turnamen sepakbola ini dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, serta para pihak yang telah membantu penyelenggaraan turnamen ini, semoga peran-peran ini dapat menghasilkan atlet potensial kebanggaan kita semua,” pintanya.

Pembukaan turnamen tingkat Kecamatan Gantarang ini ditandai dengan Kick Off Pertandingan oleh Wakil Bupati Edy Manaf antara Tim Dampang FC dan Tim Barombong FC

Diketahui pembinaan melalui turnamen sepakbola ini adalah salah satu dari upaya pencapaian misi pemerintah daerah yaitu Misi ke 10 “Membina Generasi muda yang berkarakter dengan menjunjung tinggi Sportivitas dan Profesionalisme”.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button